Tuesday, April 29, 2014

Pemenang Kehidupan

Suatu hari, dua orang sahabat pergi ke toko buku utk membeli buku dan majalah. Pelayan Toko tsb  ternyata melayani dgn buruk. Mukanya pun cemberut. Salah seorang diantaranya jelas jengkel menerima layanan seperti itu. Yang mengherankan, sahabatnya tetap enjoy, bahkan bersikap sopan kpd pelayan itu.

Lantas temannya bertanya kpd sahabatnya, “Hei kenapa kamu bersikap sopan kpd pelayan yg menyebalkan itu ? Sahabatnya menjawab, Lho, kenapa aku hrs mengizinkan dia menentukan caraku dlm bertindak ? Kitalah sang penentu atas kehidupan kita, bkn orang lain.

Tapi dia melayani kita dgn buruk sekali, bantah temannya. Ia masih merasa jengkel. Ya, itu masalah dia. Dia mau bad mood, tdk sopan, melayani dgn buruk, dan lainnya, toh itu gak ada kaitannya dgn kita. Kalau kita sampai terpengaruh, berarti kita membiarkan dia mengatur dan mempengaruhi hidup kita. Pdhal kitalah yg bertanggung jawab atas diri sendiri.

”Sering kali perilaku kita kerap dipengaruhi oleh tindakan orang lain. Kalau mereka melakukan hal yg buruk, kita akan membalasnya dgn hal yg lebih buruk lagi.
Jika dia tdk sopan, kita bisa lebih tdk sopan. Kalau orang lain pelit thdp kita, kita yg semula pemurah tiba2 jadi sedemikian pelit. Bahkan ada ucapan "jika dia berbuat baik aku bisa berbuat lebih baik , tp jika dia jahat aku bisa lebih kejam"

Coba renungkan.
Mengapa tindakan kita hrs dipengaruhi oleh orang lain ?
Mengapa utk berbuat baik saja, kita hrs menunggu diperlakukan dgn baik oleh orang lain dulu ?

Hal yg penting bagi kita adalah utk menjaga suasana hati.
Jgn biarkan sikap buruk orang lain kpd kita menentukan cara kita bertindak!, berbuat baik adalah atas kesadaran utk melakukanya

“Pemenang kehidupan”
adalah orang yg tetap sejuk di tempat yg panas,
yg tetap manis ditempat yg sangat pahit,
tetap tenang di tengah badai yg paling hebat,
serta yg menjadi penerang ditengah kegelapan.

^_^

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com